Belajar WordPress: Langkah-Langkah Membuat Website dengan WordPress untuk Pemula

Bagi anda yang baru saja mengenal WordPress dan ingin belajar cara membuat website, maka anda berada di tempat yang tepat. Itu karena WordPress adalah pilihan terbaik untuk pemula yang ingin membuat web agar terlihat bagus, rapi dan profesional namun tidak terlalu paham dengan coding.

Jadi jangan heran jika anda amati, banyak pemilik website yang mengunakan WordPress sebagai platformnya.

Alasannya simple. Selain gratis, fiturnya pun tidak terbatas, dan untuk mempelajarinya cukup mudah. Anda yang mungkin baru mengenal tentang blog atau bahkan baru pertama kali memegang komputer pun anda akan bisa membuat website dengan waktu kurang dari 5 menit.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open source yang dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL dan dijalankan pada layana web hosting.

Jika anda belum tahu apa itu CMS, maka berikut pengertiannya:

CMS adalah singkatan dari Content Management System, artinya sebuah sistem yang berfungsi untuk memanajemen konten (isi) dari sebuah website.

Sederhananya, WordPress merupakan software yang akan memudahkan anda untuk membuat website dan mengelola konten secara online. Selain gratis, banyaknyanya dukungan (support) dari developer, tersedianya banyak plugin free, forum diskusi, menjadi alasan yang menurut saya sangat rasional.

Sampat saat ini, WordPress masih menjadi CMS paling diminati dan terpopuler di dunia.

Kini WordPress menguasai 75 juta website. Menurut data Riset yang dilakukan pada bulan April 2016 menunjukkan bahwa sistem manajemen konten ini digunakan oleh lebih dari 26% website yang terdaftar pada 10 juta peringkat terbaik.

Bahkan website-website terbesar di dunia pun menggunakan WordPress.

Ini beberapa di antaranya:

Website-pengguna-Wordpress

Selengkapnya bisa anda lihat di halaman ini.

Mengapa WordPress bisa sangat populer?

Alasan utamanya jelas karena proses pembuatannya sangat mudah, sehingga akan memudahkan banyak orang. Bahkan orang yang baru kenal komputer pun bisa membuat website dalam 5 menit dengan WordPress.

Selain itu, ya karena GRATIS.

Tapi bukan GRATIS-nya yang akan kita bahas, melainkan alasan utama kenapa website-website besar menggunakan WordPress:

  1. Mudah dipelajari, terutama jika anda sedikit paham dengan bahasa inggris. Salah satu web yang saya rekomendasikan jika anda ingin mendalami wordpress adalah WpBeginner.
  2. Hemat waktu, tenaga, dan pikiran, sebab dengan adanya WordPress, kita tidak perlu membangun website dari nol yang tentu tidak bisa terlepas dari apa itu coding.
  3. Bisa dicustom sesuai kebutuhan. Mulai dari website pendidikan, pemerintahan, portal berita, direktori, portfolio, profil perusahaan dan yang paling populer tentunya adalah toko online dan bloging.
  4. Banyak theme dan plugin yang banyak tersedia di intenet. Dengan adanya theme dan pluggin, anda akan bisa mengubah tampilan serta menambahkan fitur apapun yang anda inginkan meski tidak paham sedikit pun tentang programming
  5. Banyaknyanya dukungan (support) dari developer dunia, menjadikan WordPress terus berkembang dan senantiasa diperbaharui.
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Kalau anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah forum diskusi dan di internet.

Dengan semua kelebihan tersebut, maka wajar jika wordpressWordPress tetap menjadi CMS yang paling populer dan bisa bertahan selama 14 tahun yaitu dari tahun 2003.  Pembuat software wordpress ini adalah Matt Mullenweg dan Mike Little dan pertama kali  diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2003. Pertama kali WordPress diperkenalkan, hanya ada beberapa user atau pengguna yang tertarik untuk mendaftar. Namun, seiring bergantinya tahun, orang semakin banyak merasakan manfaat sejak mengunakan WordPress seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Penguna WordPress di Indonesia

Secara global wordpress memang sangat populer, tapi apakah di indonesia wordpress juga sangat populer? Sama, di Indonesia CMS ini juga sangat populer, terutama di kalangan blogger dan pengembang web. Bahkan, menurut data dari wordpress sendiri, wordpress dengan bahasa Indonesia ada di posisi ke 3 :

Penguna-wordpress-di-indonesia

Bahasa Indonesia menempati posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di WordPress dengan persentase 2,4%. Hanya kalah dari Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol yang memang digunakan oleh banyak negara.

Ini artinya ada sangat banyak website berbasis WordPress di Indonesia.

Sayangnya…

Betul sayangnya  di indonesia belum banyak yang membahas tutorial membuat website dengan wordpress yang lengkap dan teratur. Sebenarnya mungkin ada jika, namun sangat jarang sekali yang membahas untuk pemula dengan lengkap dan teratur. Sehingga pada tutorial kali ini saya berusaha untuk memberikan tutorial secara lengkap dan runtut sehingga mudah dipahami oleh pemula.

Pada tutorial panduan belajar WordPress ini, Anda akan mendapatkan gambaran cara membuat website dengan wordpress yang  baik. Dalam seri panduan ini anda akan belajar dasar-dasar WordPress, misalnya cara instal wordpress, melakukan setingan dasar sebelum web anda di onlinekan, membackup data dan tips agar web anda tidak mudah kena hack,  sampai pada memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada WordPress.

1 . Mana yang Lebih Bagus, WordPress.org, WordPress.com, atau Blogger? Inilah Perbandingannya Terhadap 8 Hal

2.  Instalasi WordPress: Dari Membeli Hosting Sampai Website Anda Bisa Diakses

3. Pengenalan dengan WordPress Editor dan Cara Membuat Post Baru di WordPress

4.  Memasukkan Video Youtube (dan Layanan Streaming Lainnya) ke Dalam Post atau Page di WordPress

5. Perbedaan Antara Post dan Page di WordPress

6. Perbedaan Antara Category dan Tag di WordPress

7. 2 Cara untuk Mengganti Theme WordPress dan 6 Tips Memilih Theme yang Baik

8. 2 Cara untuk Menginstall Plugin Baru ke WordPress Anda

9. 20 Plugin Terbaik untuk WordPress dari 11 Kategori yang Peranannya Penting untuk Website Anda

10. Cara Mengganti Favicon di WordPress

11. Cara Mengatur dan Menambahkan Widget di WordPress

12. Cara Membuat Menu Navigasi di WordPress

13. Cara Mengubah Permalink di WordPress, dan Prinsip Permalink yang Optimal

14. Selesaikan Semua Pengaturan Ini Sebelum WordPress Anda Diperkenalkan ke Medan Perang

15. Cara Memasang Google Analytics dan Google Search Console di WordPress

16. Pengaturan Plugin Yoast SEO untuk Mengoptimalkan WordPress Anda Terhadap Mesin Pencari

 

Leave a Reply

Get more stuff like this
in your inbox

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.