Cara Install WordPress di CPanel Hosting

WordPress adalah salah satu CMS paling populer dan menjadi platform blogging yang paling sering digunakan di dunia. Sebab diantara platform lainnya (Blogger, Tumblr etc ), WordPress terkenal lebih mudah, lebih aman dan tampilannya lebih menarik. Sehingga cocok bagi pemula yang ingin membuat web secara profesional tetapi tidak begitu paham dengan coding.

Untuk menginstall WorPress di hosting, sebenarnya cukup mudah. Kalau sudah terbiasa, anda bisa menyelesaikan dalam beberapa klik saja dan tidak sampai 5 menit,(bahkan kurang) web anda sudah bisa online dan siap untuk digunanakan.

Untuk itu dipanduan kali ini, saya akan menuliskan step by step cara install WordPress di cpanel, sehingga anda akan segera bisa membuat website dengan wordpress.

Hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menginstall WordPress

Sebelum menginstall WordPres, hal pertama yang anda butuhkan adalah domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting?Bagi yang sudah berkecimpung di dunia internet marketing tentu ini bukan hal yang baru. Tetapi bagi orang awam dan masih pemula tentu belum banyak yang paham dengan domain dan hosting.

Domain adalah alamat untuk mengakses suatu web. Domain digunakan agar mempermudah pengunjung mudah dalam mengingat suatu website. Jika dibedah, domain terdiri atas 2 bagian.

  1. Nama domain
  2. Ekstensi

Kita ambil contoh: SekolahSEO.com

SEKOLAHSEO adalah nama domain.
COM adalah ekstensi.

Nama domain hanya dibolehkan memakai huruf, angka dan garis penghubung. Pengunaan huruf kapital dan huruf kecil akan diabaikan. Artinya, GOOGLE.com dan Google.Com atau gOOgLe.cOm akan tetap menuju ke halaman yang sama, yaitu google.com.

Alamat domain ini adalah unik. Artinya sebuah nama domain hanya bisa dimiliki oleh satu website saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya. Biasanya memakan waktu 2 bulan setelah domain itu tidak diperpanjang pemilik sebelumnya.

Ekstensi domain ada banyak sekali. Seperti .co.id.net.org, dan lainnya. Daftar lengkap ekstensi bisa kamu temukan di Wikipedia: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains

Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menaruh berbagaim macam semua file dari web secara online. Jika domain diibaratkan sebagai alamat rumah, maka hosting adalah tanahnya.

Saat anda menyewa hosting, maka anda hanya diberi tanah kosong untuk anda bangun. Terserah akan dibangun untuk apa. Biasanya pihak hosting memberikan aturan terkait dengan pemakaian space hosting yang Anda sewa.

Sebuah hosting dapat kita kelola melalui halaman cPanel. Dari cPanel ini kita bisa melakukan apa saja terhadap hosting yang kita sewa. Kita bisa install berbagai macam script, atau menampung file-file kita agar bisa diakses 24 jam.

Rekomendasi Tempat Menyewa Domain dan Hosting

Diinternet banyak sekali penyedia hosting dan domain, baik dalam negeri dan luar negeri. Masing-masing tentu punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Pemilihan domain dan hosting ini sangat menentukan juga performa web Anda. Jadi pilih yang berkualitas dan tetap terjangkau.

Supaya anda tidak bingung, di bawah ini beberapa penyedia layanan hosting dan domain yang Saya rekomendasikan untuk Anda.

Ketiganya memberikan free domain gratis kalau Anda menyewa hosting.

Untuk website berbasis bahasa inggris untuk target pengujung luar negeri, kamu bisa memilih hosting yang berbasis di amerika seperti :

Ini layanan hosting luar negeri yang cocok untuk pemula:

Dan sebelum membeli, anda harus teliti dalam pemilihan layanan domain dan hosting ini. Karena diinternet banyak penyedia layanan yang tidak jelas atau bisa dibilang penipuan.

Hosting ini pengaruhnya ke kualitas dan kecepatan akses website anda. Kalau anda membeli hosting yang tidak jelas, website anda akan banyak gangguan contohnya sering kena hack.

Tips Menentukan Nama Domain

Memilih nama domain ini susah susah gampang. Ketika baru mulai membuat blog, biasanya kita akan kebingungan untuk  memilih nama domain yang pas untuk bisnis kita. Dengann nama domain yang bagus tentu akan mempermudah pengunjung dalam mengingat website kita.

Jadi saya akan memberikan 3 tips jitu yang dapat Anda manfaatkan untuk menentukan nama domain terbaik untuk website Anda.

Silahkan simak tips berikut…

1. Gunakan domain .com

Ada banyak sekali ekstensi nama domain yang tersedia misalnya  .com, .net, .org dan lainnya. Gunakan TLD yang populer yaitu .com ( selain .com Anda boleh juga pakai .co atau .id)

2. Gunakan kata kunci yang mengambarkan topik website

Dengan menggunakan kata kunci pada domain, selain mudah diingat oleh pengunjung, ini juga bisa menjadi nilai tambah webiste Anda di mata mesin pencari. Tentunya juga harus dibarengi juga dengan konten yang berkualitas.

3. Singkat, mudah di ingat dan Unik

Yang perlu dilakukan, Anda harus kreatif dalam menggabungkan kata kunci dengan kata lain sehingga nama domain Anda menarik dan mudah diingat. Pilih kata-kata yang singkat dan mudah diingat ( jangan lebih dari 3 kata) serta mudah dalam penulisan( Jangan menambahkan karakter dan angkat pada domain seperti ( – / | . ! ) dll.) dan pengucapannya.

Cara membeli hosting dan domain

Silahkan ikuti panduan berikut ini untuk mempelajari cara membeli hosting dan domain dari Niagahoster:

Melakukan Instalasi WordPress…

Sebenarnya ada banyak cara menginstall wordpress di Cpanel, antara lain :

  1. Menginstall lewat Softaculous
  2. Menginstall manual dengan upload file wordpress dan import database
  3. Menginstall melalui filezilla

Pada tutorial kali ini kita hanya akan membahas dengan cara pertama, karena memang ini yang paling mudah yaitu dengan menggunakan tool bernama Softaculous. Untuk instalasi wordpress yang kedua dan ketiga bisa kamu pelajari nanti.

Panduan Cara install WordPress di cPanel dengan Softaculous

1.Masuk ke cPanel, dengan mengetik namadomain.com/cpanel atau namadomain.com:2082 di browser.

Untuk login, silahkan masukkan username dan password cPanel Hosting yang telah diberikan oleh Penyedia Hosting Anda.

Biasanya informasi tentang username dan password untuk masuk ke cPanel sudah terdapat pada “Email Informasi Aktivasi Akun Hosting” yang akan dikirimkan begitu hosting kita diaktifkan.

 2. Cari aplikasi Softaculous.

Begitu masuk halaman admin cPanel, langsun saja scroll  kebawah, kemudian cari  instalasi softaculous.Softaculous adalah aplikasi untuk menginstall berbagai platform website (CMS) , salah satunya adalah WordPress. Disana akan ada banyak pilihan aplikasi website…

Langsung saja pilih WordPress kemudian Install.

Install-Wordpress

3. Lengkapi informasi di Softaculous

Lengkapi data-data pada form yang ada, dan pastikan diisi secara lengkap. Jika tidak, maka proses instalasi akan gagal.

 

Software Setup
  1. Choose Protocol, biarkan saja tidak usah di otak-atik
  2. Choose Domain, jika Anda menggunakan 1 hosting untuk banyak domain silahkan pilih domain mana yang akan Anda install.
  3. In Directory, didalam folder mana wordpress akan di install. Defaultnya wp, langsung saja Hapus “WP” dan biarkan bagian ini kososng.

Site Setting 
  1. Site Name, Isikan dengan Nama Web Anda. Contohnya Sekolah SEO
  2. Site Description, Deskripsikan Web anda. Contohnya Kursus SEO dan Pelatihan SEO untuk Pemula.
  3. Enable Multisite (WPMU), tidak perlu dicentang (hanya yang sudah paham wordpress, untuk pemula tidak begitu penting)

Install-Wordpress-2

Admin Account 
  1. Admin Username, username yang akan digunakan untuk login ke halaman dashboard wp-admin WordPress (tips, hindari mengunakan kata “ADMIN” atau “Administrator” karena rentan serangan hacker)
  2. Admin Password, password untuk login ke halaman dashboard wp-admin WordPress
  3. Admin Email, email yang digunakan untuk registrasi user. Email ini bisa digunakan untuk recovery password jika Anda lupa

Choose Language
  1. Select Language, pilih bahasa yang anda sukai

Select Plugin(s)

  1. Limit Login Attempts (Loginizer), centang saja untuk meningkatkan keamanan website
Select Theme

pilih theme / tema yang akan Anda gunakan. Asal milih tidak masalah, karena bisa diganti sewaktu-waktu.

Jika itu semua sudah diisi, klik tombol “INSTALL” dan  proses instalasi akan dimulai. Untuk Email installation details to : boleh diisi alamat email Anda. Nantinya detail instalasi akan dikirim ke email Anda.

 

 

Selesai!

Proses untuk install WordPress selesai dan web anda siap untuk digunakan. Jangan lupa untuk menyimpan data wp-admin yaitu username dan password.

Info Penting

Pertama : Perhatikan di bagian “In Directory”, bila Anda ingin menginstall WordPress pada root domain, maka bagian ini dikosongkan saja. Defaultnya wp, langsung saja hapus kata  “WP”

Kedua : Pada kolom “Database Name” dan “Table Prefix” biasanya Saya biarkan default.

 

Untuk login, silahkan  kunjungi alamat namadomain.com/wp-admin. Dan untuk panduan cara install wordpress melalui cpanel cukup sampai disini, semoga artikel ini membantu Anda dalam proses membuat website mengunakan wordpress.

 

One Response

  1. Rocket Manajemen December 13, 2017 Reply

Leave a Reply

Get more stuff like this
in your inbox

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.